Selasa, 4 Oktober 2011

12 di sungai panjang - Google Blog Search

12 di sungai panjang - Google Blog Search


beritaprima.com » Rumah <b>Panjang di Sungai</b> Kapuas

Posted: 04 Oct 2011 07:39 AM PDT

Jakarta, beritaprima.com  – Rumah panjang atau betang dan lamin adalah rumah adat Suku Dayak yang panjang dan biasanya dibangun di pinggiran sungai. Jika Anda ingin menyaksikan bangunan rumah seperti ini, berkunjunglah ke Sungai Kapuas, Kalimantan Barat.

Rumah panjang terdiri lebih dari 50 ruangan dengan banyak dapur. Rumah ini dihuni oleh beberapa keluarga, termasuk keluarga inti. Bahkan rumah panjang di dataran tinggi sungai Kapuas Putussibau memiliki 54 bilik yang dihuni oleh beberapa keluarga.

Rumah panjang biasanya dibangun di atas tiang setinggi 5 sampai 8 meter seperti panggung dan ada yang panjangnya sampai 186 meter serta lebar 6 meter. Untuk masuk ke dalamnya pun harus melewati anak tangga atau yang dikenal dengan nama tangka.

Uniknya lagi, kondisi rumah ini masih sangat kokoh, meski sudah berumur ribuan tahun. Mau tahu alasannya ? Karena kayu yang dipakai untuk membangun rumah panjang adalah kayu ulin (kayu besi) yang terkenal kuat.

Ada pun rumah panjang lainnya yang tersebar di Kapuas Hulu atau di dataran tinggi Kapuas. Mulai dari Kabupaten Sunge Uluk Apalin, Melapi, Semangkok, Sungai Utik, dan di Kabupaten Bukung.

Suku Dayak merupakan suku asli Kalimantan, pulau besar yang dikenal juga dengan nama Borneo. Suku Dayak di Kalimantan menghuni dataran tinggi, pedalaman hutan, dan di sepanjang pinggiran sungai pulau ini.

Seru juga ya liburan ke rumah panjang !

Item Thumbnail

Tiada ulasan:

Catat Komen

ads