Sabtu, 3 September 2011

12 di batu caves - Google Blog Search

12 di batu caves - Google Blog Search


Mengunjungi Dewa Murugan <b>di Batu Caves</b> « sepatu merah

Posted: 14 Jun 2011 08:33 AM PDT


Batu Caves

Sabtu 11 Juni lalu, saya dan dua orang teman dari KBR68H menyempatkan diri untuk mengunjungi Batu Caves, sebuah kawasan kuil Hindu di daerah Selangor, 13 kilometer dari Kuala Lumpur. Kami berangkat dengan kereta komuter/KTM  dari KL Sentral. Harga tiket 1 RM atau sekitar 2.800 rupiah. Perjalanan hanya menempuh waktu 20 menit dan berhenti di stasiun Batu Caves.

Sampai disana, hal yang langsung menarik perhatian saya adalah adanya patung Hanoman berwarna warni yang tingginya tak kurang dari 15 meter. Selain itu, suara musik dan nyanyian dari dalam kuil uga tedengar indah. Tapi itu belum apa apa, karena kita belum sampai di tempat utama. Di depan gerbang menuju kuil dalam gua, ada sebuah patung Dewa Murugan berwarna emas dengan tinggi 43 meter.

Dewa Murugan adalah Dewa Hindu yang terkenal di kalangan orang Tamil di negara bagian Tamil Nadu di India, dan Sri Lanka. Dia juga dikenal dengan berbagai nama, seperti misalnya Murugan, Kumara, Shanmukha, Skanda dan Subramaniam. Dia merupakan Dewa perang dan pelindung negeri Tamil. (Sumber: wikipedia)

Kuil di dalam gua

Setelah menikmati keindahan patung dewa Murugan, kita harus berjalan menaiki 200 lebih anak tangga untuk menuju kuil utama yang terletak di dalam gua. Lumayan panjang perjalanan yang harus ditempuh apalagi cuaca cukup panas. Tapi dengan perlahan namun pasti akhirnya kami tiba juga di dalam gua, tempat kuil utama berada. Selain itu hampir di setiap sudut di dalam gua, terdapat kuil kuil kecil atau patung patung dewa. Meskipun bukan pada hari besar, kuil ini tetap ramai dikunjungi oleh para umat yang ingin berdoa.

Kalau ingin merasakan suasana istimewa di Batu Caves, kita bisa datang pada bulan Februari, tapi sayang saya tak tahu tanggal pastinya. Tapi yang jelas, pada bulan Februari kita bisa menyaksikan perayaan Thaipusam. Pada saat itu, ramai orang yang datang untuk berdoa dan melihat berbagai macam atraksi.

Jalan-jalan Ke <b>Batu Caves</b> Kuala Lumpur | StephenLangitan.com

Posted: 10 Oct 2010 06:03 AM PDT

10 Oktober 2010. Bisa jadi kunjungan SL.com ke Malaysia khususnya hari Sabtu 9 Oktober 2010 adalah hari yang cukup melelahkan. Hal ini bukan karena lelah akibat naik motor, tapi karena ada banyak tempat wisata yang perlu dikunjungi bersama rombongan "Malaysia Brotherhood Rider 2010" atau MBR  2010.

Lagi pula, kedatangan SL.com ke Malaysia memang atas undangan resmi dari Malaysian Tourism Promotion Board dimana seluruh tiket pesawat dan akomodasi sudah diatur oleh Kantor Kedutaan Malaysia di Jakarta. Artinya disini, SL.com hanya tinggal pergi dan ikut saja seluruh program acara yang sudah disusun, termasuk berkunjung ke Batu Caves yaitu tempat suci umat Hindu di Kuala Lumpur. Loh.. emang ada apa sih sampai harus berkunjung ke tempat suci umat Hindu di Batu Caves? Apa yang menarik disana?

Pertanyaan ini sempat terlontar oleh SL.com ketika lagi berada di dalam bus yang mengantarkan rombongan MBR 2010 jalan-jalan keliling Kuala Lumpur, apalagi pada hari itu udara lagi panas, walaupun bus sudah pakai AC yang cukup dingin. Rasanya males banget mau keluar bus, karena terik matahari yang menyengat.

Walah.. ternyata ketika sampai di lokasi Batu Caves yang terletak di negara bagian Selangor, sekitar 13 km dari kota Kuala Lumpur, ternyata baru sadar ada anak tangga yang konon jumlahnya sebanyak 272 yang harus dilewati untuk sampai ke lubang gua sebagai tempat ibadah suci umat Hindu di Malaysia.

Mau tak mau dengan rasa penasaran SL.com berjalan seorang diri menaiki tangga sebanyak 272 ini. Rasa capek tentu saja ada, tapi semangat dan penasaran jauh lebih kuat ketimbang rasa capek.

Pemandangan pertama yang paling menarik adalah melihat patung Dewa Murugan yang menjulang tinggi sekitar 43 meter. Kabarnya patung Dewa Murugan ini merupakan patung dewa Hindu yang tertinggi di dunia dimana setiap tahun sekali pada bulan Februari biasanya diadakan festival Thaipusam di Batu Caves. Jangan tanya soal acara festival tahunan ini.

Menurut cerita, biasanya pada saat acara festival Thaipusam, cukup menyeramkan, karena ada beberapa atraksi yang cukup aneh, seperti orang dalam keadaan kesurupan, serta orang yang ditempel semacam paku dibadannya dan ditarik-tarik.

Tak itu saja, bahkan juga ada orang yang ditancap dengan panah mukanya tembus dari pipi kiri ke pipi kanan. Pada saat festival ini berlangsung, Batu Caves akan menjadi lautan orang.

Ketika sudah masuk kedalam Batu Caves, disana terlihat ada gua utama dan satu gua kecil.  Rupanya titik akhir perjalanan belum berakhir dan harus masuk kedalam gua dan disana masih ada sejumlah anak tangga yang harus dilewati. Namanya juga mencari pengalaman, maka SL.com meneruskan perjalanan ini sampai bosan selama di dalam gua Batu Caves ini.

Kesimpulannya, Batu Caves sangat menarik dan ajaib karena bisa melihat lempengan batu gua yang mana ribuan orang juga bisa masuk kedalam gua. Ini merupakan gua besar dan dipakai sebagai tempat suci bagi umat Hindu. Yang bikin heran, siapa sih orang yang pernah menemukan Batu Caves ini?

Sepanjang perjalanan menaiki 272 tangga, ada banyak monyet yang berkeliaran dengan bebas. Mendadak seorang turis asal Jepang berteriak minta tolong, dan rupanya botol minuman soft-drink-nya telah dijambret oleh seekor monyet. So,  pesannya, jangan bawa makanan atau minuman atau barang berharga karena bisa dijambret oleh monyet.

Jika anda lagi melancong ke Kuala Lumpur, silahkan dicoba berkunjung ke Batu Caves. Lumayan buat olah-raga mendaki tangga sekaligus mencari pengalaman baru. Yang mau bertapa disana juga boleh.

Pemandangan dari Batu Caves ke arah bawah

PHOTO GALLERY

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

ads