ads

Sabtu, 3 Mac 2012

12 di sungai panjang - Google Blog Search


URL Sumber Asal :-

12 di sungai panjang - Google Blog Search


<b>Sungai</b>-<b>Sungai</b> Terpanjang <b>Di</b> Dunia | THE BLUE EARTH

Posted: 15 Feb 2012 01:52 AM PST

Berikut ini daftar sungai-sungai terpanjang di dunia. Seperti kita ketahui sungai adalah salah satu bagian penting dari peradaban manusia. Tanpa sungai manapun tidak ada pertanian yang dapat memberikan semua makanan orang. Sungai juga menjadi salah satu transportasi yang paling penting dengan menggunakan perahu atau kapal yang dapat digunakan di sungai dan pergi ke daerah lain. Jadi, inilah sungai terpanjang di dunia.

9. Sungai Amur : Rusia dan Cina: 4444 Km

Sungai Amur atau Heilong Jiang (bahasa Tionghoa), atau sahaliyan Ula (Manchu) adalah sungai 9 terpanjang di dunia, membentuk perbatasan antara Timur Jauh Rusia dengan bagian Timur Laut Cina.
Sungai Amur adalah simbol dan faktor geopolitik penting dalam hubungan Cina-Rusia. Amur sangat penting dalam periode perpecahan Sino-Soviet di tahun 1960-an.

8. Sungai Kongo : 4700 km

Sungai Kongo (juga dikenal sebagai Sungai Zaire) adalah sungai terbesar di bagian barat Afrika Tengah. Sungai ini memiliki panjang sekitar 4700 km, sehingga sungai terbesar kedua di Afrika (setelah Nil). Mengalir melalui hutan hujan terbesar di dunia setelah Amazon. Nama berasal dari Kerajaan Kongo. Dari tahun 1971 sampai 1997, pemerintah Zaire menyebutnya Sungai.

7. Ob – Sungai Irtysh: Rusia, Kazakhstan, Cina, Mongolia: 5.410 Km

Ini sungai panjang dapat dibagi menjadi Ob River dan The Irtysh adalah anak sungai utama dari Ob. Disana ada beberapa anak sungai lainnya Ob. Air di Ob sudah tercemar karena racun dari penelitian senjata Rusia dan produksi.

6. Sungai Kuning / Hwang Ho: China: 5464 Km
Sungai Kuning (Huanghe atau Hwangho) adalah sungai penting di Cina Utara yang menjadi pusat kebudayaan Cina bersama-sama dengan Sungai Panjang (Yangtze) di selatan. Dengan panjang 5.464 km, sungai adalah sungai terpanjang kedua di China setelah Sungai Panjang (Yangtze).

5. Yenisei-Angara-Selenga-Ider: Rusia dan Mongolia: 5539 Km

Yenisei juga ditulis sebagai Yenisey, adalah sistem sungai terbesar yang mengalir ke Samudra Arktik. Rising di Mongolia, ia mengikuti kursus utara ke Teluk Yenisei di Laut Kara, pengeringan sebagian besar Siberia pusat, sungai terpanjang setelah Yenisei-Angara-Selenga-Ider.

4. Mississippi – Sungai Missouri: Amerika Serikat: 6275 Km

Sungai Mississippi adalah sungai di Amerika Serikat. Ini adalah salah satu sungai terpanjang di dunia dan merupakan sungai terpanjang kedua di Amerika. Memiliki panjang 3,734 km untuk sungai utama tetapi akan 6275 Km jika Ini diukur dalam jangka panjang dari sungai anak sungai Missouri. Ini berasal di Danau Itasca di Minnesota dan berujung pada Teluk Meksiko. Nama "Mississippi" berasal dari bahasa penduduk asli Amerika yang berarti "bapak air."
Mississippi musim semi adalah di negara bagian Minnesota, dekat perbatasan dengan Kanada. Mississippi mengalir ke selatan di seluruh AS pusat. Mengalir melalui negara bagian Wisconsin, Iowa, Illinois, Missouri, Kentucky, Tennessee, Arkansas, dan Mississippi.
sungai terpanjang di dunia Sungai Mississippi di St Louis Top 9 Sungai Terpanjang di Dunia

3. Sungai Yangtze / Chang Jiang: China: 6300 Km

Sungai Yangtze (pinyin: Changjiang, bahasa Inggris: Sungai Panjang atau Sungai Yangtze) adalah sungai terpanjang di Cina dan Asia. Sungai Panjang adalah sungai terpanjang ketiga di dunia. Sungai ini menjadi batas selatan kebudayaan kuno Cina yang terletak antara Sungai Kuning di utara dan Sungai Panjang di selatan.
Sungai ini dikenal sebagai Sungai Yangtze (pinyin: Yangzi) karena adanya kesalahpahaman dari para misionaris pada awalnya. Sungai Yangtze hanya mengacu pada panjang bagian hilir sungai, tetapi karena ini adalah yang pertama didengar oleh Barat, Yangtze digunakan untuk mewakili seluruh Sungai Panjang.

2. Sungai Amazon: Amerika Selatan: 6400 km

Sungai Amazon (Portugis: Rio Amazonas; Spanyol: Río Amazonas) di Amerika Selatan adalah sungai terbesar di dunia dengan total aliran sungai lebih besar dari sepuluh sungai terbesar gabungan. Amazon, yang memiliki daerah aliran sungai terbesar di dunia, menyumbang sekitar seperlima dari aliran sungai total dunia. Di atasnya membentang sungai Amazon disebut Apurimac (di Peru) dan Solimões (di Brasil).
Selama musim hujan, bagian dari Amazon melebihi 190 kilometer (120 mil) lebarnya. Karena dimensi yang luas, kadang-kadang disebut Laut Sungai. Pada titik tidak ada Amazon dilintasi jembatan. Hal ini bukan karena dimensi yang besar, bahkan, untuk sebagian besar panjangnya, lebar Amazon baik dalam kemampuan insinyur modern untuk jembatan. Namun, sebagian besar sungai mengalir melalui hutan hujan tropis, dimana terdapat beberapa jalan dan kota-kota bahkan lebih sedikit, sehingga tidak perlu untuk penyeberangan.
Sedangkan Amazon adalah sungai terbesar di dunia dengan langkah yang paling, konsensus saat ini dalam komunitas geografis berpendapat bahwa Amazon adalah sungai terpanjang kedua, hanya sedikit lebih pendek dari Nil.

1. Sungai Nil: Afrika: 6650 Km

Sungai Nil di Afrika, adalah salah satu dari dua sungai terpanjang di Bumi. Sungai Nil mengalir sepanjang 6650 km atau 4132 mil dan mengalir melalui sembilan negara: Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan dan tentu saja Mesir. Karena Nil memiliki arti penting dalam sejarah Mesir (terutama Mesir kuno). Sungai Nil mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan, peradaban dan sejarah bangsa Mesir sejak ribuan tahun yang lalu. Salah satu peran penting dari Nil adalah kemampuan untuk menghasilkan tanah subur sebagai hasil sedimentasi di sepanjang daerah aliran sungai. Dengan adanya tanah subur ini menjadikan penduduk Mesir dapat mengembangkan pertanian dan peradaban Mesir berkembang sejak ribuan tahun yang lalu.

0 ulasan:

Catat Ulasan

 

BLOG SELANGOR

Copyright 2010 All Rights Reserved