ads

Sabtu, 15 September 2012

12 di sungai panjang - Google Blog Search


URL Sumber Asal :-

12 di sungai panjang - Google Blog Search


Kemarau <b>Panjang</b>, Warga dan Petani Terpaksa “ngandir <b>sungai</b>”<b>di</b> <b>...</b>

Posted: 28 Aug 2012 02:00 PM PDT


Kemarau Panjang, Warga dan Petani Terpaksa "ngandir sungai"di Cianjur

Cianjur (Pripos). Lebih dari 320 hektar lahan pesawahan produktif di dua desa, yakni Desa Sukasirna dan  Sindang Raja  Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur Jawa Barat mengalami kekeringan diakibatkan kemarau  panjang.
Berdasarkan pemantauan Priangan Pos saat berada di lokasi kekeringan,  sejumlah  petani  bersama koordinator mitra air, dari pihak Desa Sindang Raja, yakni Jaenal Abidin(53 tahun)  mengatakan, akibat musim kemarau yang sangat panjang, sekira 3-4 bulan warga &  petani di kedua desa tersebut terpaksa  piket bergiliran satu minggu sekali untuk "ngandir sungai"(ngandir dalam bahasa Sunda berarti  neang cai)atau  menyusul air ke hulu sungai Cibalagung  agar air bisa terus mengalir, sehingga  dapat mengairi ratusan hektar lahan pesawahan yang mengalami kekeringan.
Menurut  Jaenal piket "ngandir sungai " tersebut bergiliran selama hampir 24 jam lamanya, untuk satu orang petani,  dari pukul 04.00 WIB pagi- hingga  sore hari. Namun tidak terbatas waktunya, hingga air sungai  tersebut bisa mengalir  dan mengairi lahan pesawahan yang kering. Dan piket "ngandir sungai" ini telah dilakukan warga, bersama  petani di dua desa sejak 3-4 bulan yang lalu.
Sementara itu, menurut Jaenal,  program bantuan  pengganti tanaman padi  di saat musim kemarau panjang  dari  penyuluh pertanian lapangan atau PPL Dinas Pertanian setempat, berupa  benih bahan kacang kedelai 4 kwintal/perkelompok, yang terdiri atas 7 kelompok, satu kelompok  terdiri sekitar 25 petani. Program tersebut tidak berjalan seperti yang diharapkan karena  para petani mengeluh sulitnya  air sungai.  Debit air yang mengalir di sungai terlalu minim disebabkan   musim kemarau panjang.
Jaenal mengatakan, selain dua desa yang mengalami kekeringan,  lima desa lainnya di Kecamatan Sukaluyu  yang terdapat ratusan hektar lahan pesawahan  juga di landa kekeringan, yakni Desa Cikidang, Hegar Manah, Sukajadi, Bobojong dan Desa Ciherang.(arief rahman/cianjur)

0 ulasan:

Catat Ulasan

 

BLOG SELANGOR

Copyright 2010 All Rights Reserved