Khamis, 20 September 2012

12 di sungai panjang - Google Blog Search

12 di sungai panjang - Google Blog Search


Ayu Library: Penyebab Air <b>Sungai</b> Yangtze <b>di</b> China Jadi Merah

Posted: 09 Sep 2012 08:25 PM PDT

Sungai Yangtze, sungai terpanjang di China kini tengah mengundang rasa penasaran akan warna airnya.  Air sungai tersebut tiba-tiba berubah merah layaknya darah.  Apa sebenarnya penyebab misteri berubahnya warna sungai Yangtze?

Sungai Yangtze yang juga disebut sungai panjang merupakan sungai ketiga terpanjang di dunia dengan panjang 6.300 km.  Sungai ini membatasi selatan kebudayaan kuno Cina yang berada di antara Sungai Kuning di utara dan Sungai Panjang di selatan.

Sejak Kamis 6 September 2012 lalu, penduduk barat daya Kota Chongqing dibuat aneh dengan warna air sungai yang dijuluki "jalur air emasi" itu.  Warna jus tomat sungai tersebut tersebar di sejumlah titik di sepanjang sungai.

Perihal penyebab fenomena yang langka ini, para penyidik belum memberikan keterangan.  Dugaan sementara ialah limbah industri yang menimbulkan warna merah tersebut.  Atau mungkin disebabkan lumpur merah yang terbawa oleh banjir di hulu.  Pejabat China sendiri berpendapat air tersebut merupakan lumpur merah.  China memang memiliki banyak sisi bukit curam. Ada banyak praktek penggunaan tanah yang memicu erosi.

Dugaan lain yang mencuat ialah akibat ulah manusia, yakni membuang limbah pewarna ke dalam sungai.  Hal ini memang pernah terjadi Desember lalu di Jian, China.  Para penyelidik menelusuri jejak warga hingga mengarah ke pabrik kimia ilegal yang memproduksi pewarna merah untuk pembungkus kembang api.

Meski dugaan terkuat adalah terkait industri, para penyidik masih melakukan penelitian dan belum bisa memastikan.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

ads